General

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DARING DI SMKN 1 BATUSANGKAR

T.P. 2020 / 2021 sudah di mulai tanggal 13 Juli 2020 di tengah Wabah Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Proses pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan petunjuk pada Surat Edaran Bupati Tanah Datar Nomor 420/1921/DIKBUD-2020 tanggal 7 Juli 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 T.P. 2020/2021 dan surat edaran Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Nomor : 423.1/733/SEK/2020 tanggal 10 Juli 2020 tentang Pelaksanaan Pembelajaran Era New Normal T.P. 2020 / 2021 SMA, SMK, SLB Sumatera Barat.

Kabupaten Tanah Datar merupakan daerah dengan kategori zona kuning yang artinya sekolah belum di perbolehkan melaksanakan pembelajaran tatap muka. Ada beberapa pilihan moda pembelajaran yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat kepada daerah zona kuning yaitu pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (PJJ Daring) dan Pembelajaran jarak jauh luar jaringan (PJJ Luring).

Berdasarkan pengalaman proses pembelajaran yang telah dilakukan selama 4 bulan terakhir, dimana kegiatan pembelajaran semester genap T.P. 2019/2020 mulai pertengahan Maret sampai akhir semester dilaksanakan secara daring dan Alhamdulillah terlaksana dengan cukup maksimal walaupun masih terdapat sedikit kendala di sana sini baik dari segi guru maupun siswa maka SMKN 1 Batusangkar memilih moda PJJ daring dalam proses pembelajaran di semester ganjil T.P 2020/2021 ini.  Berbagai media daring dipergunakan oleh guru-guru dalam proses pembelajaran, ada yang menggunakan media Whatsapp, Telegram ataupun Platform Google Classroom.

Sesuai dengan isi buku Panduan Pembelajaran Era New Normal T.P. 2020/2021 yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, maka durasi waktu pembelajaran 1 JP untuk PJJ Daring adalah 30 menit. Pembelajaran dimulai pukul 7.30 dan berakhir pukul 12.30 setiap harinya kecuali jumat berakhir pukul 9.30 dan sabtu 10.30. Durasi waktu 30 menit untuk 1 JP dimanfaatkan untuk kegiatan penyampaian materi / diskusi 20 menit dan kegiatan asikron (tugas mandiri) 10 menit.

Untuk kedepannya dalam rangka meningkatkan efektifitas dan kualitas pembelajaran daring maka SMKN 1 Batusangkar sedang membangun elearning berbasis Learning Management Sistem Chamilo. Melalui LMS Chamilo ini diharapkan proses pembelajaran PJJ daring dapat terlaksana dengan terstruktur, mudah, dan menyenangkan bagi siswa-siswa. Di samping itu Pelaksanaan supervisi dan control pembelajaran pun dapat dijalankan oleh Kepala Sekolah dan supervisor yang di tunjuk.  Disamping LMS Chamilo, SMKN 1 Batusangkar juga sedang mencoba menggunakan Platform pembelajaran Rumah Belajar Si Cadiak Pandai yang merupakan aplikasi media pembelajaran daring milik Pemerintah Daerah Sumatera Barat.

Strategi yang dilaksanakan dalam membangun dan menerapkan dua aplikasi pembelajaran daring tersebut adalah membagi guru menjadi dua kelompok. Sebagian menggunakan LMS Chamilo dan sebagian lagi menggunakan Rumah Belajar si Cadiak Pandai. Setelah proses pembelajaran berjalan, akan di evaluasi aplikasi pembelajaran mana yang dirasa efektif dan tepat untuk dilaksanakan di SMKN 1 Batusangkar dan dijadikan aplikasi permanen PJJ Daring SMKN 1 Batusangkar.

Sementara untuk saat ini  sembari menunggu Elearning LMS Chamilo dan Platform Rumah Belajar Si Cadiak Pandai di siapkan oleh guru-guru, maka proses pembelajaran tetap menggunakan media Whatsapp, telegram dan google classroom. Kontrol keterlaksanaan pembelajaran di lakukan oleh Kepala Sekolah dibantu Wakil Kepala Sekolah, Ketua Program Keahlian dan piket harian.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button